Proposal
Bisnis (Softskill)
Nama Perusahaan : GPsoft
Alamat : Jl. Kebahagiaan 3 G7/10 Jakarta
Telepon : 021-8706969
Ringkasan
Eksekutif
Kami sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan
secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa
menjualnya dengan lancar. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah
membuat 3 buah produk, yaitu: Sebuah software editing foto, sebuah graphics
tablet, dan sebuah wallpaper digital. Masing-masing produk akan kami selesaikan
dalam waktu satu-tiga bulan.
Tujuan
Dalam menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan
baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Tujuan
jangka pendek
Kami akan membuat produk yang berbasis 2D programming, yaitu
software editing foto yang sedang digandrungi oleh anak muda dan dewasa.
Jangka
menengah
Kami akan membuat produk yang berbasis rangkaian elektronika yaitu
graphics tablet dan wallpaper digital. Pangsa pasar kami ialah para pekerja
seni dan juga untuk kantor yang membutuhkan dekorasi ruangan.
Jangka
Panjang
Kami akan terus berinovasi guna menjawab tantangan zaman.
Visi
dan Misi Perusahaan
Visi
Ikut mencerdaskan bangsa dengan kemajuan teknologi
Misi
· Membuat
produk yang berkulitas dan mengandung unsur seni
· Berusaha
menumbuhkan generasi yang melek akan kemajuan teknologi
· Terus
berinovasi guna menjadikan produk dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri
Sekilas
Perusahaan
GPsoft adalah perusahaan multimedia dan elektronika yang membuat
dan mengembangkan software editing foto dan hardware pendukung yang
berkualitas.
Kepemilikan
Perusahaan
GPsoft ialah perusahaan yang dimiliki oleh Galu Pratomo selaku
pendiri perusahaan.
Sejarah
Singkat Perusahaan
GPsoft adalah perusahaan multimedia dan elektronika yang bergerak
di bidang software editing foto dan hardware pendukungnya. Didirikan pada 7
Desember 2015 oleh Galu Pratomo di Jl. Kebahagiaan, Jakarta
Lokasi
dan Fasilitas Perusahaan
GPsoft berlokasi di Jl. Kebahagiaan 3 G7/10 Jakarta. Tempat usaha
berupa ruko milik sendiri seluas 6x9 meter.
Produk
GPsoft mempunyai dua divisi produk, yaitu GPsoft dan GPad. GPsoft
adalah divisi yang membuat produk berupa software editing video sedangkan GPad
adalah divisi yang membuat produk berupa graphics tablet dan wallpaper digital.
Berikut ini adalah produk yang sedang dalam proses pembuatan.
GPsoft
· Software
Editing Foto
GPad
· Graphics
Tablet
· Wallpaper
Digital
Deskripsi
Produk
GPsoft
· Software
Editing Foto
Produk ini merupakan produk pesaing dari software-software editing
foto yang sudah lebih dahulu berada di pasaran. Kelebihan produk ini dari
produk yang sudah beredah ialah :
· Setiap
pembeli mendapatkan 1 lisensi versi pc (windows) dan 1 lisensi versi Android
· Memiliki
filter yang sangat menarik untuk digunakan (terlihat catchy)
· Dapat
langsung di upload ke account Instagram
· Dapat
memodifikasi hasil foto dari kamera professional maupun smartphone
GPad
· Graphics
Tablet
Produk ini merupakan tablet yang berfungsi sebagai pendukung dari software
editing foto, dapat digunakan juga untuk menggambar di aplikasi sketch lainnya.
Kelebihan produk ini ialah :
· Made
in Indonesia sehingga harga bisa lebih murah
· Support
semua jenis pc maupun laptop
· Tidak
membutuhkan driver tambahan
· Ukurannya
sangat pas untuk penggunaan rumahan dan kantor
· Wallpaper
Digital
Produk ini merupakan wallpaper yang terintegrasi dengan box
dekodernya. Merupakan lembaran screen tipis yang mampus menghasilkan 16juta
warna demi mencapai warna yang akurat dan tajam. Memiliki resolusi 4k untuk
gambar yang lebih baik.
· Tidak
memakan banyak tempat
· Dapat
terintegrasi dengan smartphone
· Setup
yang mudah
· Cocok
untuk penggunaan rumahan maupun kantor karna desain yang sangat mewah
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Produk
Produk kami adalah produk yang berkualitas dan berbeda dalam
bentuk dan penggunaan dibandingkan produk yang sudah ada di pasaran. Pada
setiap pembelian produk kami disertakan cara penggunaan dalam Bahasa Indonesia supaya
setiap konsumen dapat memahami secara jelas dan mudah. Setiap produk yang kami
buat selalu menggunakan komponen terbaik dan meminimalisir bug yang mungkin
terjadi. Untuk harga, kami akan menjual dibawah harga pasar untuk
memperkenalkan merk terlebih dahulu.
Analisis
Pasar
Banyaknya produk bajakan dan produk elektronik sejenis yang
berkualitas buruk mendorong kami untuk menciptakan produk yang terjangkau
dengan kualitas yang diatas rata-rata dalam range harga tersebut. Dimaksudkan
untuk mengurangi pembajakan dan memberikan pilihan terbaik untuk konsumen.
Analisis
Industri
Saat ini kami mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan lokal yang
sudah menjual produk sejenis ke pasar, namun begitu kami tetap berkeyakinan
kalau produk kami, masih bisa laku lantaran adanya perbedaan kualitas. Selain
itu, kami pun mengetahui bahwa mayoritas konsumen di negeri ini lebih
mementingkan kualitas daripada sekedar harga murah.
Peramalan
Pasar
Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah tercapai, maka
langkah berikutnya kami siap bersaing di pasar Internasional, Khususnya guna
memenuhi kebutuhan konsumen di luar negeri.
Strategi
Pemasaran
Strategi kami adalah strategi samudera biru, yang mana perusahaan
kami akan bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah
satunya adalah bekerja sama dengan beberapa perusahaan elektronika lokal dalam
hal promosi dan pemasaran.
Organisasi
Perusahaan kami terdiri dari satu orang pendiri yang dibantu
dengan beberapa orang yang masing-masing akan mengepalai divisi yang
dipimpinnya.
Divisi
Produksi
· Kepala
Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
· Product
designer
· Programmer
· Photographer
dan Writer
Divisi
Keuangan dan Manajemen
· Kepala
keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
· Akuntan
· Administrasi
Divisi
Operasional dan Pemeliharan
· Kepala
operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan
kerja.
· Teknisi
· OB
Divisi
Pemasaran
· Kepala
pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
· Humas
· Sales
Struktur
Organisasi
Estimasi
Biaya
Biaya
Investasi
Perlengkapan
kantor
· 6
buah meja kerja
· 3
buah cabinet
· 1
set kursi tamu
· Dispenser
· 3
buah AC
Perangkat
Keras
· 2
buah komputer i7
· 3
buah komputer i5
· Sebuah
Scanner
· Sebuah
Printer
· Sebuah
kamera digital
Perangkat
Lunak
· OS
Windows 10 original
· MS
office 2016 original
· Dreamwaver
· Corel
Draw original
· Photoshop
CC 2016 original
Total biaya investasi = Rp. 80.000.000
Biaya
Operasional
· Listrik
selama setahun
· Telepon
selama setahun
· Perlengkapan
kantor setahun
· Kemasan
3000 buah
· CD
kosong setahun 3000 keping
Total biaya Operasional = Rp. 170.000.000
Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya
operasional
Total Biaya = Rp. 80.000.000 + Rp. 170.000.000 = Rp. 250.000.000
Pendapatan
3 produk setahun, (Rp. 1.500.000 + Rp. 2.000.000 + Rp. 2.500.000)
x (50 unit Software + 30 unit Graphics Tablet + 20 unit wallpaper digital) = Rp.
600.000.000 pertahun
Keuntungan
Keuntungan = Rp. 600.000.000 – Rp. 250.000.000 = Rp. 350.000.000
Revenue
Cost Ratio (R/C)
R/C = Rp 600.000.000 : Rp 250.000.000 = 2.4
R/C sebesar 2,4 menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak
dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 250.000.000 yang dikeluarkan akan
menghasilkan Rp. 600.000.000
Break
Event Point (BEP)
· Software
Editing Foto
BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 15.000.000 : Rp 1.500.000 = 10 keping
BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. 15.000.000 : 20 keping = Rp. 750.000/keping
Angka tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik
impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 20 keping/tahun dan
tingkat harga jual Rp. 750.000/keping
· Graphics
Tablet
BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 30.000.000 : Rp 2.000.000 = 15 Tablet
BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. 30.000.000 : 30 keping = Rp. 1.000.000/Tablet
Angka tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik
impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 30 Tablet/tahun dan
tingkat harga jual Rp. 1.000.000/Tablet
· Wallpaper
Digital
BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 50.000.000 : Rp 2.500.000 = 20 buah
BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. 50.000.000 : 40 keping = Rp. 1.250.000/buah
Angka tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik
impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 40 buah/tahun dan
tingkat harga jual Rp. 1.250.000/keping
www.gunadarma.ac.id
baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id
baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar