Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data
yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan
perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras
dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan
antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita
berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang
“dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang
ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Berikut perangkat yang mendukung
terciptanya multimedia :
1. CD / DVD ROM
Digunakan
untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
2. Sound Card Sound
Card
(kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard)
yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara
yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan
karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran
(line out/speaker out).
3. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu
grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang
berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat
ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan
teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).
4. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868.
5. Speaker
Speaker
(pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya
headset.
Perangkat
Lunak (Software)
Perangkat
lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan
secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai
informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian
sistem komputer yang tidak berwujud.
A. Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah
komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk
mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini
digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat
lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
·
Bahasa
Pemrograman Multimedia
Bahasa
pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk
membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi,
SQL, Visual Basic, dan Java.
·
Perangkat
Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak
ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating
System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX,
Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility
application) misalnya aplikasi Antivirus.
·
Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia.
Perangkat lunak
aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau
organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik
seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
B. Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan
misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer,
sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya
Open Writer, KWriter dan Abi Word.
C. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi
pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
·
Grafik
2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
·
Grafik
2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
·
Animasi,
misalnya Macromedia Flash.
D. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling
Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan
modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender
dan lain sebagainya.
E. Perangkat Lunak Authoring Multimedia.
Authoring merupakan aplikasi komputer yang
memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak
dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui
penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring,
sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya
Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Sumber :
https://iblisbernyawa.wordpress.com/2014/04/17/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/
baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id
gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar